Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Teknologi Produksi, Teknologi Komunikasi, Teknologi Transportasi, Serta Peranan Bangsa Indonesia Di Kancah Internasional

A. Perkembangan Teknologi Produksi 

Teknologi adalah pengetahuan teknik yang cara pembuatan suatu kegiatan dengan menggunakan alat tertentu. Sedangkan Produksi merupakan suatu kegiatan yang dapat menghasilkan barang. Jadi Teknologi produksi bisa dikatakan suatu alat yang digunakan untuk mengolah bahan baku menjadi bahan siap pakai atau bahan jadi.

Pada saat ini teknologi produksi telah mengalami kemajuan dan bersifat modern dengan banyak kemudahan untuk bisa mendapatkannya. Berbeda dengan zaman dahulu yang masih bersifat sederhana dan sangat terbatas. Sumber daya alam juga perlu diolah terlebih dahulu sebelum dinikmati, mengolah sumber daya alam menggunakan teknologi. Banyak manfaat dari teknologi produksi. Karena dengan adanya teknologi produksi kebutuhan hidup kita dapat terpenuhi. Kebutuhan hidup tersebut seperti sandang, pangan, dan lain sebagainya.

1. Teknologi Pangan 

Teknologi pangan adalah penggunaan ilmu pengetahuan untuk mengolah pangan. Teknologi produksi pangan dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan. Kebutuhan pangan berkaitan dengan pertanian. Kegiatan pertanian pada masa lalu masih tradisional. Sperti : petani merontokkan gabah menggunakan cara tradisionalnya, yaitu dengan cara gabah tersebut diinjak-injak  menggunakan kaki. Kemudian menemukan cara lain yaitu gabah ditumbuk dengan lesung, selain itu petani merontokkan padi dengan cara dipukul-pukul dan itu semua membutuhkan waktu yang sangat lama. Namun, dengan adanya perkembangan zaman teknologi produksi telah ditemukan yaitu dengan menggunakan tenaga mesin, dan cara produksi tradisional mulai ditinggalkan.
Dengan adanya teknologi mesin dapat meringankan pekerjaan petani.  Selain itu juga, penggunaan tenaga mesin petani dapat menghemat waktu dan dapat penghasilan yang melimpah dari alam Indonesia dan dapat diolah menjadi makanan-makanan baru. Teknologi pangan juga mampu menjaga agar makanan tidak cepat membusuk. Sehingga dapat bertahan dalam waktu yang lama. Misalnya, kacang kedelai dapat diolah menjadi tahu, tempe, dan kecap. Susu sapi dapat diolah menjadi mentega, susu bubuk, dan keju. Teknologi pangan sangat bermanfaat bagi kehidupan.

2. Teknologi Produksi Sandang 

Pada zaman dahulu kebutuhan sandang masih bersifat sederhana. Pengolahannya pun masih tradisional yaitu dengan cara menenun sendiri dengan menggunakan alat tenun yang terbuat dari kayu. Dengan cara menenun hasil yang diperoleh hanya sedikit. Berbeda dengan sekarang produksi sandang diolah dengan pabrik dengan menggunakan berbagai alat-alat teknologi modern yaitu mesin.

B. Perkembangan Teknologi Komunikasi  

Manusia adalah makhluk social. Untuk berhubungan dengan manusia lain manusia harus melakukan komunikasi. Komunikasi adalah cara penyampaian pesan, informasi, ide, atau gagasan antar manusia. Proses komunikasi sudah ada sejak zaman nenek moyang kita. Akan tetapi, bentuk komunikasi pada awalnya dilakukan dengan cara bertatap muka langsung dan pesan yang disampaikan secara lisan. Berkomunikasi dengan jarak jauh juga sudah diterapkan pada zaman dahulu misalnya menggunakan kentungan, asap, terompet sebagai tanda bahaya.

Perkembagan teknologi komunikasi terus berkembang. Sehingga proses komunikasi tidak hanya dilakukan secara lisan saja, namun sudah mulai berkembang melalui berbagai macam cara penyampaian pesan dari jauh.  Alat komunikasi dapat berupa elektronik dan media cetak. Teknologi komunikasi dapat mengatasi jarak dan waktu. Seperti jarak yang jauh akan terasa dekat, karena waktu yang dibutuhkan cepat. Salah satunya menggunakan jaringan internet. Melalui jaringan internet kita dapat bertukar informasi dengan kawan yang tinggal di tempat jauh dengan cara berkirim surat elektronik, dengan mengetik tulisan atau SMS, bahkan dapat juga mengobrol dengan tatap muka. Teknologi komunikasi dapat berupa :

1. Surat 

Pada masa lalu orang akan berkomunikasi dengan menggunakan surat yang ditulis diatas kertas apabila jarak yang cukup jauh melalui tukang pos untuk dikirim surat tersebut. Lalu surat itu dimasukkan sebuah amplop dan diberi alamat yang dituju juga dikasih perangko. Akan tetapi pada saat ini mengirim surat dapat dengan cepat. Dengan cara dengan mengirim email. Email adalah sebuah surat-menyurat yang dikirim melalui internet. Selain email dengan melalui telepon seluler yaitu SMS.

2. Telepon 

Pada perkembangan masa ke masa telepon dapat digunakan untuk menyampaikan pesan suara. Telepon muncul pertama kali pada tahun 1800-an (1876) yang diciptakan oleh Alexander Graham Bell. Jenis telepon ada dua yaitu telepon kabel dan telepon seluler atau ponsel. Saat ini kebanyakan orang-orang sudah menggunakan telepon seluler karena dapat memudahkan dalam berkomunikasi dimana saja. Selain digunakan untuk menyampaikan pesan suara, telepon seluler juga dapat menyampaikan pesan tertulis.

3. Televisi 

Televisi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, karena adanya televise dapat melihat peristiwa penting seperti berita, selain itu televise dapat menjadi media hiburan yang ada di rumah. Televise berkembang sangat maju. Jaringan penyiaran televise semakin beragam. Siaran televise dilakukan oleh pemerintah dan swasta.

4. Media Cetak 

Media cetak adalah media yang menyebarkan barang cetakan atau suatu informasi yang melalui jaringan media, seperti Koran dan jurnal. Media cetak di sini lebih diarahkan pada bidang komunikasi yang berhubungan dengan penyebarluasan informasi untuk memenuhi kebutuhan komunitas atau massa. Oleh karena itu, media cetak disebut media massa karena berperan untuk mengumpulkan informasi, mengolah, mencetak, dan menyebarluaskan.

5. Radio 

Radio adalah salah satu jenis media massa satu arah yang berperan untuk menyampaikan pesan suara seperti berita, informasi dan hiburan kepada masyarakat dengan jangkauan luas. Media massa ini tidak bisa dilihat sehingga merupakan media sekilas (hanya sekali didengar dan tidak bisa diulang). Akan tetapi radio telah menjadi media massa yang dapat diandalkan, cukup efektif dalam penyampaian pesan, dan tetap diminati walau banyak media lain.

C. Pekembangan Teknologi  Transportasi 

Kendaraan yang digunakan untuk pergi dan pulang beraktivitas disebut alat trnsportasi . Alat transportasi disebut pula sarana pengangkut. Saran pengangkut sangat  dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengantar kesekolah, kepasar, kekantor, keluar kota, atau daerah dan bahkan luar negeri. Dengan demikian terjadilah perpindahan orang dari satu tempat lain atau disebut mobilitas manusia. Selain itu alat transportasi juga digunakan untuk angangkut hasil–hasil pertanian, industri dan perkebunan dari suatu tempat ketempat lain disebut dengan mobilitas barang.

1. Jenis- Jenis Teknologi Transportasi Masa Lalu Dan Masa Kini 

Pada masa dahulu alat transportasi tidak seperti sekarang. Banyak cara alami yang dapat dipergunakan, sehingga tidak menimbulkan pencemaran baik udara, air, ataupun lingkungan. Dengan kemajuan teknologi, maka teknologi transportasi pun dapat berkembang dengan cepat.

Secara garis besar trnsportasi dapat dibedakan ats transportsi darat, air, dan udara. Pada masa lalu orang hanya menggunakan transportasi  darat dan juga air. Tansportsi air meliputi sungai, danau, dan laut. Adapun transportasi darat adalah jalan raya dan kereta ap. Disamping itu transportasi udara masa kini menggunakan pesawat terbang.

A. Transportasi masa lalu

1. Pengunaan tenaga angin 

Sudah digunakan sejak zaman nenek moyang, Mereka datang dari tempat asalnya yaitu yunani dengan memakai perahu layar yang digerakkan oleh tenaga angin. Tentu saja ini tidak akan menimbulkan pencemaran udara. Kekurangan perahu layar ini adalah hanya bisa digerakkan jika ada angin. Jadi membutuhkan waktu lama untuk sampai ketujuan.

2. Menggunakan tenaga orang 

Tenaga orang digunakan untuk mengangkut barang dengan cara dipikul, digendong, ditaruh di atas kepala, didorong ( gerobak dorong), digotong bersama, dipondong doa atas pundak, dan lainnya. Adapun kelebihannya adalah keterbatasan para tenaga, serta lamanya waktu yang dibutuhkan.

3. Menggunakan tenaga hewan 

Di masa lalu alat transportasi banyaj mengunakan tenaga binatang. Diantaranya sampai kini masih terlihat di desa-desa. Misalnya dokarm cikarm sado, gajah,dan lainnya. Saat ini nagkuta binatang masih dipertahankan untuk keperluan wisata, seperti kereta kuda dan naik gajah. Dengan menggunakan tenaga binatang, ongkosny akan lebih murha dan tidak menimbulkan polusi udara. Adapun kekurangannya adalah terlalu lama sampai di tempat tujuan.

4. Menggunakan aliran air 

Di masa lalu aliran sungai dimanfaakan sebagai alat transportasi. Biasanya menggunakan rakit bambu atau perahu lesung. Yang diangkut adalah kayu dari hutan dna juga hasil hutan lainnya. Aliran air yang bisa digunakan adalah aliran air yang tenang dan stabil, serta airnya yang dalam. Kelebihan angkutan aliran air ini adalah ongkosnya murah. Adapun kekurangannya adalah waktu tempuhnya terlalu lama dan sangat tergantung pada aliran air.

5. Menggunakan tenaga uap 

Pada masa lalu kereta api tenaga uap sangat penting untuk transportasi, khususnya didarat, diplau Jawa, kereta api ini dapat menghubungkan kota-kota disekitar wilayah tersebut. Bahan bakar utamanya adalah kayu dan batu bara. Kelebihan kereta api tenaga uap adalah dapat menarik beban yang sangat berat. Adapun kekurangannya adalah terlalu lama jika dibandingkan dengan kendaraan bermesin masa kini.

B. Tranportasi Masa Kini 

Pada saat sekarang ini banyak diciptakan alat-alat transportasi yang lebih canggih. Kecepatannya tinggi dan tempatnya lebih nyaman. Saat ini untuk angkutan darat ada kelas-kelas tertentu yang telah disediakan, misalnya kelas ekonomi, kelas bisnis, kelas eksekutif, dan super eksekutif. Untuk kelas ekonomi fasilitas kendaraan yang disediakan kurang lengkap. Kelas bisnis dilengkapi dengan alat pendingin berupa AC, kelas eksekutif dan super eksekutif dikengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti AC, toilet, dam lainnya,
untuk angkutan laut juga disediakan kapal-kapal laut yang melayani kelas-kelas seperti juga angkutan darat.

Alat transportasi yang tercanggih pda masa ini adalah pesawat terbang. Untuk berpergian antara kota-kota besar di Indonesia saat ini sudah disediakan angkutan udara. Jarak yang jauh dapat ditempuh dengan waktu yang singkat. Jika kita akan cepat sampai ke tujuan.