Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebiasaan di Kantor yang Perlu Diubah Saat New Normal Dimulai

Indonesia mulai berencana untuk membiarkan masyarakat beraktivitas secara normal. Sebagian besar kantor pun akan diperbolehkan untuk beroperasi kembali seperti sebelum Corona merebak. Meski begitu keadaannya mungkin tak bisa sama.

Sejumlah aturan dan kebiasaan baru akan menyesuaikan kondisi dunia saat ini masih mengkhawatirkan penyebaran virus Corona.

Berikut kebiasaan di kantor yang akan berubah ketika nanti masa PSBB Berakhir dan 'new normal' dimulai.

Bawa Makan Sendiri

Salah satu hal yang dihindari selama pandemi Corona adalah berbagi alat makan. Karena itu, pekerja diminta perusahaan untuk membawa makanan atau paling tidak alat makan sendiri. Menyiapkan bekal ke kantor tampaknya akan menjadi 'new normal' yang bisa dimanfaatkan untuk lebih hemat.

Meski bisa jadi sesuatu yang baik, aturan ini sayangnya juga bisa memunculkan kebiasaan membeli makanan sehingga semakin banyak sampah plastik karena wadah sekali pakai.

Meeting Online

Kantor kamu sebelumnya sering mengadakan acara kumpul-kumpul. Tampaknya itu masih akan menjadi hal yang kamu rindukan hingga beberapa bulan ke depan. Sampai situasi dinilai aman, bahkan meeting pun bisa dilakukan melalui video call meski para pekerja sudah masuk kantor. Meeting online akan menjadi sebuah 'new normal' yang perlu dibiasakan.

Lebih Mudah Izin Sakit

Mewabahnya virus Corona membuat orang jadi saling waspada. Para pekerja yang merasa sakit akan diminta untuk lebih berhati-hati saat 'new normal', termasuk untuk tidak masuk kantor. Dengan begitu, izin tidak masuk kantor karena sakit tampaknya akan jadi lebih mudah. Jika dulu kamu sering tidak enak ketika harus absen kini kamu lebih santai meminta izin sakit.

Lebih Individual

Meski PSBB sudah berakhir dan 'new normal' diterapkan, masa isolasi mungkin akan tetap berlangsung dalam skala lebih kecil. Paling tidak semua orang diminta untuk tidak berkumpul, pergi ke tempat ramai dalam skala besar atau berbagi barang-barang sampai virus benar-benar mereda. Di kantor pun, para pekerja akan diminta untuk membawa peralatan makan bahkan tulis sendiri.

Cuci Tangan dan Hand Sanitizer

Cuci tangan dan menggunakan hand sanitizer juga menjadi salah satu kebiasaan baru saat menjalani 'new normal'. Beberapa negara bahkan sudah membuat mesin hand sanitizer tanpa sentuh agar lebih higienis. Tak hanya tangan, kamu mungkin akan mendapati beberapa rekan yang jadi rajin membersihkan meja dan barang-barangnya karena khawatir terpapar virus Corona.