Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Menyikapi Perubahan

Perubahan niscaya selalu terjadi, setiap saat setiap waktu tidak butuh bertahun-tahun baru ada perubahan. Perubahan terjadi saat kebutuhan mendesak dan keadaan dalam keterpaksaan.

Tekanan kondisi dan situasi mengharuskan manusia mengubah lifestyle atau gaya hidupnya. Kondisi yang berat ini misalnya saat pandemi covid-19 sekarang ini. Hampir semua orang merasakan dampak yang buruk akibat covid-19 ini. Roda Perekonomian hampir tidak berputar sama sekali untuk beberapa bulan karena kebijakan PSBB di Indonesia.

Covid 19 telah mengubah gaya hidup manusia, manusia tidak lagi berpola hidup seperti yang dulu, kini manusia memiliki gaya hidup baru new lifestyle setelah dibelakukan new normal pasca PSBB. Penyikapan terhadap perubahan yang terjadi mesti dilakukan untuk terus move on.

bagaimana kita menyikapi perubahan yang terjadi?

1. tenang

hanya ketenangan yang bisa dilakukan untuk memecahkan masalah, otak perlu tenang untuk berpikir. otak tidak bisa berpikir ketika pikiran kalut, kacau, dan stress. otak butuh tenang untuk mengurai masalah. ibarat hardisk akan lemot bekerja ketika banyak aplikasi yang aktif bekerja.

2. Diam

diam untuk berkontemplasi merupakan cara untuk meyikapi perubahan sebelum bergerak, kita perlu diam sesaat untuk mengendalikan kejiwaaan kita.

3. membuka diri

membuka diri untuk menerima perubahan adalah salah satu cara menenangkan perasaan yang kacau karenaa penolakan akan menyebabkan kegelisahan dan kepanikan.

4. Berbuat Sesuatu

Setelah menenangkan pikiran dan perasaan dan diam untuk mengendalikan kepanikan dan tenakanan saatnya berbuat sesuatu. Hidup ini kan terus berlanjut sampai ditakdirkan kematian datang untuk itu kita harus terus berusaha berbuat sesuatu yang bermanfaat dan berguna.

5. Hasilkan karya

ketakutan terkadang membuat kita takut menghadapi hidup yang memang berat dan susah bagi sebagian orang. dengan berbuat sesuatu kita akan menghasilkan sebuah karya. karya yang kita tekuni terus-menerus suatau saat pasti akan menghasilkan sesuatu cepat atau lambat.

6. jangan berputus asa

karya yang kita hasilkan dari usaha kita terkadang tidak mendapatkan respon yang positif dari orang-orang sekitar kita, karya yang kita hasilkan juga belum tentu memuaskan kita. maka berjuang adalah kuncinya terus berjuang untuk menghasilkan karya yang benar-benar memuaskan diri kita sendiri sebelum kita mengharapkan kepuasan bagi orang lain. jangan pernah berputus asa jalan terus, usaha terus sampai kegagalan dan kemalasan ini hilang.

7. sabar

sabar merupakan penyelesai semua masalah, sesulit pekerjaan bila kita lakukan dengan kesabaran pasti akan terselesaikan dengan baik. sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.

perubahan pasti terjadi, segera sesuaikan diri untuk menyikapi segala bentuk perubahan yang terjadi.