Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengamankan Artikel Blog dengan Memasang Kode Link Sumber Otomatis dan Anti-Copas

Bagi para blogger menulis dan berkarya membuat artikel merupakan pekerjaan rutin yang harus dilakukan untuk mengisi konten blognya. Ketidakmudahan membuat artikel terkadang mengambil jalur pintas dan cepat yaitu mengcopy paste tulisan orang lain. Bagi Andaa pengelola blog atau Blogger berikut kami sajikan cara mengamankan tulisan Anda dari copaser.
Kode Link Sumber Otomatis adalah kode yang akan memunculkan link artikel yang dicopas (copy paste atau salin tempel) oleh para copaser.

Setidaknya, ini mengingatkan copaser bahwa sebagian atau seluruh tulisan yang dicopas ada sumbernya. Kode ini juga memudahkan copaser yang bukan plagiator mencantumkan sumber.

Kode anti-Copas adalah kode yang membuat tulisan di postingan blog tidak bisa diklik kanan dan tidak bisa dicopy. Meski tidak efektif banget, setidaknya akan menyulitkan copaser.

Kode Link Sumber Otomatis

Cara memasangnya di blog Blogger:

1. Tema > Edit HTML
2. Simpan kode berikut ini di atas kode </head> atau </body>

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
function copaslink(){var e,n=document.getElementsByTagName("body")[0],t=(e=window.getSelection())+("<br/><br/>Sumber : <a href='"+document.location.href+"'>"+document.location.href+"</a><br/>"),o=document.createElement("div");o.style.position="absolute",o.style.left="-99999px",n.appendChild(o),o.innerHTML=t,e.selectAllChildren(o),window.setTimeout(function(){n.removeChild(o)},0)}document.oncopy=copaslink;
//]]>
</script>

Kode Anti-Copas

Kode ini akan membuat artikel di postingan blog tidak bisa dicopas. Kode ini mematikan fungsi copy di mouse.

Cara memasangnya di blog para Blogger:

  1. Tema > Edit HTML
  2. Copas kode berikut ini di atas kode ]]></b:skin>
  3. body {-webkit-user-select:none;-moz-user-select:-moz-none;-ms-user-select:none;user-select:none}
  4. Simpan!

Jika akan memfungsikan klik kanan atau membolehkan pengunjung copas bagian tertentu, misalnya kode-kode, maka kode tersebut di-blockquote dan simpan kode berikut ini di atas kode nomor 2.

.post blockquote{background:#f7f7f7;color:#2b2b2b;font-family:sans-serif;font-size:13px;line-height:17px;margin:5px 0;padding:10px;-webkit-user-select:text;-moz-user-select:text;-ms-user-select:text;user-select:text}

Demikian Kode Link Sumber Otomatis dan Anti-Copas untuk Blogger dan cara memasangnya. Semoga bermanfaat.