Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghemat Uang dan Mengatur Pengeluaran Anggaran Rumah Tangga.

Menghemat uang yang didapat dari hasil kerja dan usha penting untuk dilakukan oleh semua orang, sebab uang jika tidak dihemat akan terhamburkan untuk kepentingan yang tidak berguna dan membebani keluarga.
Kemampuan mengatur pengeluaran anggaran rumah tangga dengan baik akan dapat menyelamatkan keluarga dari beban hutang. Kecerdasan menghemat dan mengatur pengeluaran dapat membantu keluarga survive dalam permasalahan keuangan. Bagaimana caranya? berikut kami sajikan Cara Menghemat Uang dan Mengatur Pengeluaran Anggaran Rumah Tangga.

  1. Buatlah buku catatan pengeluaran selama sebulan. Tulis pengeluaran selama satu bulan, dimulai dari pengeluaran pokok rutin, angsuran, dan kewajiban lain.
  2. Kategorikan pengeluaran Anda. Gunakan judul seperti biaya sewa, keperluan rumah, hiburan, makanan, perjalanan dan lain-lain. Metode ini dapat membantu Anda untuk melihat pengeluaran terbanyak dan mana yang bisa dikurangi.
  3. Bandingkan total pengeluaran dengan gaji Anda per bulan. Cara ini akan memastikan apakah gaya hidup Anda melampaui kemampuan Anda.
  4. Buat daftar pengeluaran tahunan. Tulis bulan dan tanggal dalam satu tahun pada selembar kertas dan jumlah pembayaran tahunan seperti pajak mobil atau pengeluaran besar lainnya yang sudah berlalu seperti Hari Raya dan sebagainya.
  5. Tentukan berapa jumlah uang yang harus ditabung setiap bulan. Untuk mendapatkan angka yang perlu ditabung setiap bulan, hitung pembayaran tahunan yang besar dibagi 12. Jangan lupa menyiapkan uang untuk pengeluaran besar yang tak terduga.

Demikian Cara Menghemat Uang dan Mengatur Pengeluaran Anggaran Rumah Tangga. Semoga bermanfaat apa yang kami rangkumkan.