Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan

Baking soda adalah nama lain untuk natrium bikarbonat yang juga dikenal sebagai soda bikarbonat. Bubuk putih ini adalah campuran natrium dan hidrogen karbonat, dan paling sering digunakan untuk membuat kue atau roti soda.

Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan antara lain:

1. Perawatan Wajah Berjerawat

Baking soda bermanfaat untuk perawatan wajah yang berjerawat. Jerawat sangat tidak baik untuk penampilan, hal itu dikarenakan jerawat bisa membuat make up menjadi tidak sempurna. Bagi wajah yang berminyak dan berjerawat, kini bisa mengobati jerawat menggunakan baking soda. Selain aman, baking soda cukup ampuh untuk mengempiskan jerawat dan menghilangkan jerawat. Caranya adalah berikut ini :
Ambil dua sendok makan baking soda
Campurkan dengan sedikit air
Aduk hingga kental dan membentuk adonan pasta
Oleskan baking soda yang sudah seperti pasta itu ke jerawat
Biarkan hingga mengering, lalu bilas menggunakan air bersih

2. Memutihkan Kulit

Manfaat baking soda bisa yang berguna untuk memutihkan kulit penyebabnya karena, baking soda bisa mengangkat sel-sel kulit mati di dalam wajah. Jika sel-sel kulit mati terus diangkat, akibatnya wajah pun bisa menjadi putih dan terbebas dari sel kulit mati penyebab kekusaman. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut ini :
Campurkan dua sendok baking soda menggunakan air sabun
Oleskanlah ke bagian kulit wajah
Pijat secara perlahan-lahan
Saat membilasnya harus menggunakan air hangat
Bahan lain yang mampu memutihkan kulit yakni :
manfaat kulit jagung
manfaat air beras
manfaat bengkoang

3. Sabun Pembersih Kulit

Baking soda bisa digunakan sebagai pembersih wajah. Sifat baking soda bisa mengangkat sel-sel kulit mati sehingga cocok untuk dijadikan pembersih wajah dan juga pemutih wajah. Caranya adalah sebagai berikut ini :
Campurkan baking soda bersamaan dengan air
Gunakanlah untuk cuci muka sambil mengusap secara halus permukaan wajah

4. Menghilangkan Minyak pada Wajah

Baking soda bisa digunakan sebagai penghilang minyak pada wajah. Jika digunakan untuk mencuci wajah bisa membuat wajah menjadi kesat, bersih dan juga berkilau. Selain baking soda terdapat pula bahan lain yang mampu mengatasi minyak di wajah yaitu :
manfaat minyak almond
manfaat jeruk nipis
manfaat es batu

5. Penghilang Flek Hitam

Banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya flek hitam di wajah, salah satunya adalah bekas jerawat. Bekas jerawat tidak bisa hilang jika didiamkan saja. Harus melakukan perawatan untuk menghilangkan noda bekas jerawat tersebut. Berikut ini cara menghilangkan noda bekas jerawat atau flek hitam yang membandel menggunakan baking soda :
Satu sendok makan baking soda
Campur dengan sedikit air, usahakan untuk tidak encer
Oleskan ke wajah kecuali bagian mata dan bibir, kemudian diamkan sampai kering atau selama 25 menit.
Bilas menggunakan air hangat.

6. Membersihkan Sel Kulit Mati

Kulit yang kusam dan tidak cerah banyak disebabkan oleh sel-sel kulit mati di atas permukaan wajah. Sel kulit mati itu penyebab wajah kusam karena sel kulit tidak bisa bergenerasi, sehingga sel kulit mati tidak bisa tergantikan dengan sel yang baru. Cara menggunakan baking soda untuk mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit adalah sebagai berikut ini:
Dua sendok makan baking soda
Campurkan ke dalam dua gelas air
Campur hingga rata
Gunakanlah sebagai pembersih wajah dengan menggunakan cairan tersebut
Baking soda bersifat exfoliant sehingga kulit wajah terasa lembut dan bisa mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan wajah
Bahan untuk mengangkat sel kulit mati lainnya yaitu :
manfaat lidah buaya
manfaat ampas kopi
manfaat yoghurt

7. Mencerahkan Kulit Ketiak

Baking soda juga bisa bersifat sebagai antiperspirant yang dianggap bisa membuat kulit ketiak lebih cerah. Selain alami, dibandingkan dengan deodorant baking soda lebih aman dan lebih berkhasiat dibandingkan dengan deodorant yang memiliki bahan kima. Berikut ini cara pembuatan pemutih ketiak alami yang bisa dilakukan di rumah :
Campurkan sebanyak 4 sendok makan baking soda
Oleskan ke kulit ketiak
Selain mencerahkan kulit ketiak, baking soda juga bisa membuat ketiak menjadi segar begitu pula dengan baunya. Ketiak pun akan menjadi lebih bersih dibandingkan dengan memakai deodorant biasa.

8. Membersihkan Kuku

Tanpa melakukan pedicure dan menicure, anda bisa mendapatkan kulit kuku sehat hanya menggunakan manfaat baking soda. Sebagai seorang wanita penting untuk selalu menjaga kesehatan dan kecantikan kukunya. Cara menggunakan baking soda untuk membersihkan kuku adalah sebagai berikut ini :
Ambil baking soda yang secukupnya.
Campurkan dengan sedikit air.
Aduk hingga adonan baking soda dan air bisa membentuk pasta. Usahakan dalam membentuk adonan pasta tidak terlalu kental dan juga jangan terlalu encer.
Pijatlah kuku tangan dan juga kuku kaki menggunakan baking soda.
Baking soda bisa membuat kulit kuku tangan dan kulit kuku kaki akan menjadi bersih dan juga putih.

9. Scrub Alami

Scrub pun bisa menggunakan baking soda, scrub ini bisa dioleskan ke wajah maupun ke badan. Caranya adalah dengan mencampurkan manfaat baking soda menggunakan air. Oleskan pada wajah atau pada kulit tangan dan kulit kaki, scrub dari baking soda itu bisa mengangkat sel-sel kulit mati di kulit tangan maupun kulit wajah. Scrub alami juga bisa menggunakan :
manfaat ampas teh
manfaat ampas kelapa
manfaat buah loofah

10. Kondisioner Rambut

Manfaat baking soda bisa digunakan untuk gel rambut atau pelembab rambut. Caranya pun sangat mudah, yaitu setelah keramas gunakanlah baking soda. Lalu bilas. Manfaat kondisioner baking soda yang digunakan setelah keramas bisa melembabkan rambut dengan alami.