Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang Harus dilakukan orang tua saat anak belajar dari rumah

Saat anak belajar dari rumah saat pandemi covid 19. Maka peran utama orang tua harus maksimal. Tidak semua orang tua siap menghadapi belajar dari rumah sang anak. Karena memang hakikatnya anak disekolahkan karena orang tua tidak mampu mendidik anaknya. Tidak mampu kemampuan akademiknya atau tidak mampu membagi waktu untuk mendidik anaknya sendiri makanya anak dipasrahkan ke guru yang berada di sekolah untuk mendidik sang anak. Namun kini keadaannya berbeda. Anak semua di rumah ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru dan orang tua.
Kemampuan guru memberi pembelajaran yang inovatif digitalitatif terhadap anak dituntut supaya anak tetap belajar. Orang tua selaku pendamping sang buah hati di rumah juga harus memiliki kesiapan baik kesiapan materi dan kesiapan sarana prasarana pembelajaran jarak jauh.

Kalau kita tanya pada orang tua, guru, dan siswa tentang proses pembelajaran pasti mereka tidak begitu menginginkan pembelajaran dilaksanakan secara daring atau online. Semua warga sekolah menginginkan pembelajaran luring aebagaimana biasanaya. Tetapi dikarenkan situasi dan kondisi yang belum mendukung dikarenakan wabah covid -19 siap tidak siap mau tidak mau semua warga sekolah harus siap dan mau. Meskipun semua bertatih-tatih dalam penyesuainnya.

Lantas apa saja yang perlu disiapkan orang tua selaku pendamping anaknya yang belajar dari rumah.

1. Perangkat pembelajaran online

Sarana pembelajaran online bisa meliputi smartphone atau laptop. Mau tidak mau orang tua harus membelikan anak laptop, smartphone, ataupun tablet maupun notebook untuk mendukung proses kegiatan belajar sang anak yang kini dilakukan secara online

2. Paket internet

Yang perlu disiapkan orang tua yaitu paket internet ntuk mengoneksikan antara pembelajaran guru dan anaknya.

3. Ruang belajar

Walaupun rumah merupakan ruang hidup semua keluarga tetapi untuk untuk proses pembelajaran daring diperlukan ruang khusus supaya anak lebih fokus dan konsentrasi ketika pembelajaran secara online.

Ketiga hal tersebut di atas merupakan hal yang vital dipersiapkan sebaik dan semaksimal mungkin ketika anak belajar dari rumah dan pembelajaran dilakukan dengan daring.

Tetapi tidak semua keluarga di Indonesia ini sama kemampuannya terutama kemampuan ekonominya. Untuk memenuhi sarana tersebut peelu perjuangan tersendiri selain berjuang menghidupi keluarga dari kelaparan.

Untuk itu maka kebijakan yang arif dan bijak dapat dilakukan kepala sekolah dan jajarannya untuk menyukseskan belajar anak dari rumah.

Apa kebijakan kepala sekolah dalam menyikapi keadaan tersebut di atas?