Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Noda Tinta Printer di Tangan dan di Baju

Jika Anda pernah mengganti cartridge printer sendiri, Anda mungkin pernah mengalami ketumpahan sedikit tinta di tangan dan bahkan di baju. Tidak perlu panik! Meski terkenal sulit dihilangkan, terdapat beberapa cara menghapus tinta printer di tangan dan baju. Bahkan, Anda mungkin sudah memiliki bahan-bahannya di rumah.

Sebelum membersihkan tinta printer dari baju, baca terlebih dahulu label perawatannya untuk memastikan agar bahan yang Anda pilih tidak akan merusak baju Anda.

Cara membersihkan tangan dari tinta printer


Sesegera mungkin, bilas tangan dengan air bersih. Jika masih ada noda tersisa, berikut ini cara membersihkan tangan dari tinta printer.


  1. Dengan minyak tea tree. Tuangkan beberapa tetes minyak esensial tea tree di atas kain bersih, lalu gosokkan ke atas noda. Anda juga bisa menggunakan sikat kuku untuk mengangkat tinta dari cerukan di tangan. Bilas dengan air bersih, dan ulangi hingga semua noda terangkat. Pastikan Anda tidak menelan minyak tea tree.
  2. Dengan minyak bayi. Minyak bayi, atau sering dikenal dengan sebutan baby oil, merupakan bahan teraman bagi kulit Anda dari daftar ini. Namun demikian, minyak bayi hanya efektif saat nodanya masih segar. Usapkan di tangan Anda dengan kain bersih. Minyak bayi membekukan tinta printer agar mudah terangkat saat Anda mencuci tangan.
  3. Dengan alkohol. Alkohol pun bisa Anda coba sebagai cara menghilangkan noda printer di tangan. Gosokkan langsung di atas noda dengan kain bersih hingga nodanya hilang. Bilas tangan dengan air bersih, dan gunakan losion karena alkohol bisa membuat kulit kering.
  4. Dengan hairspray. Semprotkan hairspray langsung di atas noda, lalu diamkan beberapa saat. Cuci tangan hingga semua nodanya hilang.
  5. Dengan cairan pembersih kaca. Semprotkan sedikit produk di tangan Anda, dan gosokkan tisu atau kain bersih hingga nodanya hilang. Cuci dan bilas tangan dengan air bersih.

Cara menghapus tinta printer dari baju

Jika nodanya masih segar, ikuti cara membersihkan tinta printer berikut:


  1. Segera basahi bagian yang terkena noda dengan tisu dapur atau kain bersih. Tepuk-tepuk noda hingga terangkat secara maksimal.
  2. Diamkan hingga baju yang Anda basahi kering. Hindari mengeringkan dengan pengering rambut.
  3. Gosokkan alkohol atau semprotkan hairspray di atas noda.
  4. Letakkan selembar tisu dapur di bawah noda, dan selembar lagi di atas noda.
  5. Tepuk-tepuk noda dari bagian bawah dengan tisu dapur agar noda tertransfer ke tisu dapur yang satu lagi.
  6. Lakukan berulang-ulang langkah nomor 5 hingga noda terangkat sepenuhnya. Bekerjalah dengan hati-hati agar tinta tidak melebar ke bagian lain di baju. Ganti tisu dapur jika diperlukan.


Jika nodanya sudah lama, berikut cara menghapus tinta printer dari baju:


  1. Dengan sikat gigi bekas yang bersih, gosokkan sedikit detergen cair. Gunakan yang efektif melawan noda membandel, seperti Rinso.
  2. Anda dapat menggunakan pemutih untuk baju berwarna putih. Pastikan Anda membaca label perawatannya terlebih dahulu.
  3. Cuci baju dengan segera. Jangan tunggu hingga detergen kering karena hal ini bisa membuat noda kembali menempel.
  4. Keringkan secara horizontal, dan bukan digantung. Jangan masukkan ke dalam mesin pengering. Panas yang tinggi dari pengering akan membuat sisa noda tinta menempel lebih erat.
  5. Ulangi tahap 1 hingga 5 jika masih ada noda tersisa. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak artikel lain tentang cara menghilangkan noda dari baju.


Nah, demikianlah langkah-langkah mudah membersihkan noda tinta printer dari tangan atau dari baju. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat menggunakan bahan kimia untuk mengangkat noda.