Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Kerajinan dari Kayu Bekas yang Bisa Anda Buat di Rumah

Kayu digunakan untuk berbagai kebutuhan manusia untuk membangun rumah, peralatan dan perabotan. Kerajinan kayu (woodcraft) bagi masyarakat Indonesia merupakan produk yang sudah lama ditekuni dan menjadi salah satu kekayaan seni kriya yang dikenal hingga ke mancanegara. Daerah-daerah seperti di Kalimantan, Jawa Tengah, Sulawesi, Bali, dan Papua memiliki jenis kerajinan kayu yang berbeda-beda sehingga makin menambah keragaman budaya negeri ini.
Kerajinan dari kayu di Indonesia sudah ada sejak zaman dahulu. Itu bisa dilihat dari berbagai peninggalan purbakala yang terbuat dari kayu. Perkembangan kerajinan kayu di Indonesia juga sangat pesat berbagai jenis kerajinan telah dihasilkan. Karena di Indonesia sangat melimpah ketersediaan bahan baku kayu, di setiap daerah mempunyai kayu-kayu yang khas dan bisa diolah menjadi barang kerajinan dengan kualitas baik.

Secara umum kayu yang digunakan untuk membuat suatu kerajinan adalah kayu mahoni, kayu jati, kayu pinus, dan banyak jenis kayu yang lain. Ada juga pengrajin yang menggunakan kayu bekas atau kayu sisa yang sudah tidak dipakai untuk di jadikan berbagai produk kerajinan.

Bagi kamu yang ingin memulai membuat kerajinan dari kayu kali ini kita bakal bahas beberapa, Ide Kerajinan dari Kayu yang Unik dan Menarik. Dalam membuat kerajinan tangan dari kayu diperlukan skil dan juga ketrampilan untuk mengolah kayu, terutama ketrampilan untuk menggunakan alat-alat pendukung yang berhubungan dengan peralatan gergaji dan ukir.

Kerajinan kayu tersebut ketika ditekuni ternyata bisa menjadi sebuah usaha yang memiliki prospek menjanjikan, terutama bagi daerah yang selama ini menjadi salah satu tujuan wisata baik domestik maupun mancanegara.

Berikut beberapa kerajinan kayu yang bisa kamu jadikan referensi dalam berkarya.

1. Kerajinan Miniatur kayu

Kerajinan kayu yang paling banyak peminat nya adalah miniatur para pengrajin di berbagai daerah memilih bahan kayu karna, tekstur keras serta mempunyai serat unik sehingga akan menghasilkan kerajinan yang unik serta memiliki nilai jual yang mahal.Beberapa miniatur yang dapat di buat diantaranya sebagai berikut.

  1. Miniatur Motor
  2. Miniatur Pesawat
  3. Miniatur Kapal
  4. MiniaturMobil


2. Tempat pensil

Kerajinan kayu yang paling sederhana dan mudah dibuat, juga sangat cocok bagi kamu yang masih pelajar adalah tempat pensil berbagai bentuk tempat pensil bisa kamu buat seperti berikut ini.

3. Ukiran

Salah satu karya seni khas indonesia adalah seni ukir dan pahat, Alam yang kaya raya telah memberi inspirasi kepada masyarakat yang berpikir kreatif, seperti tercermin dari seni ukir yang kemudian melahirkan beragam jenis, tergantung kepada kreativitas dan daya dukung alam yang kaya. Khusus untuk seni ukir yang berbahan dasar kayu, semakin beragam karena didukung oleh alam indonesia yang memiliki hutan tropis sehingga menghasilkan kayu yang bisa dipakai sebagai bahan dasar untuk mengukir. Ukuran sendiri biasa di kombinasikan dengan berbagai furniture seperti meja,kursi,lemari dan furniture lain nya.

Di Indonesia sendiri seni ukir sudah ada sejak zaman dahulu, hal itu bisa diketahui dengan banyaknya situs purbakala yang banyak terdapat ukiran pada batu, atau bisa juga dilihat pada relief pada dinding candi.

4. Furniture

Kebanyakan funiture memang terbuat dari kayu untuk memudahkan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.tekstur nya yang kuat serta budah di bentuk menjadi alasan utama pemilihan kayu untuk di jadikan furniture oleh para pengrajin, berbagai funiture yang unik dari kayu, Salah satu contohnya adalah kerajinan dari kayu jati, bagian akarnya biasanya dimanfaatkan sebagai kursi dan meja yang unik dan elegan. Bentuk akar yang tidak beraturan akan menambah nilai eksotis dari kerajinan tersebut.

5. Kaca mata

Untuk menunjang penampilan seseorang biasanya menggunakan kaca mata, farme kaca mata yang bisanya terbuat dari bahan logam, ternyata bisa juga di buat dari kayu juga loh. Rewood itu adalah sebuah brand lokal kacamata kayu asal Pegirikan (Kecamatan Talang) dan Karanganyar (Kecamatan Dukuhturi) yang terletak di wilayah Tegal, yang sudah menembus pasar menembus Amerika Serikat, Qatar, Australia, Singapura, Malaysia, Belanda, Denmark, bernama Imam Khifni.


6. Lukisan

Siapa bilang lukisan harus selalu dengan media kuas dan kertas, di papua memiliki kebiasaan melukis mulai dari anak hingga orang dewasa di Papua semuanya dapat melukis. Tradisi melukis di atas kulit kayu sudah dimulai sejak thn 1600-an. Baca juga ulasan ini:


7. Lentera

Kerajinan dari kayu yang unik selanjutnya adalah lentera salah satu pengrajin lentera yang ada di indonesia adalah Lani Lantera asal Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Lani Lantera merupakan usaha kecil menengah (UKM) yang memproduksi produk kayu bekas sejak 2006 lalu.

8. Topeng

Topeng adalah benda yang dipakai di atas wajah. Biasanya topeng dipakai untuk mengiringi musik kesenian daerah. Topeng di kesenian daerah umumnya untuk menghormati sesembahan atau memperjelas watak dalam mengiringi kesenian. Bentuk topeng bermacam-macam ada yang menggambarkan watak marah, ada yang menggambarkan lembut, dan adapula yang menggambarkan kebijaksanaan. (Wikipedia).

Topeng sendiri bisa dibuat dari bahan dasar kayu, sudah banyak pengrajin topeng yang menggunakan bahan dasar ini salah satunya parapengrajin asal Desa Bobung adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

9. Batik Kayu

Pada umumnya, batik lebih di kenal luas oleh masyarakat sebuah pola atau motif yang ditorehkan ke sebuah kain, baik itu batik cap maupun batik tulis yang kesemuanya memiliki nilai seni tinggi. namun siapa sangka batik juga bisa di torehkan di media kayu, batik kayu bisa kamu jumpai di dusun Krebet, kelurahan Sendangsari, Pajangan, Bantul ini.

Mayoritas warganya memiliki profesi sebagai pengrajin batik, tetapi tidak diatas selembar kain, melainkan media yang digunakan yaitu kayu, bambu dan kulit. kerajinan kayu yang satu ini udah cukup terkenal luas hingga mancanegara juga loh, bagi yang belum tau tentang kerajinan batik kayu.

10. Lampu Hias

Kerajinan dari kayu yang bisa kamu coba dan pastinya sangat simple untuk dibuat adalah lampu hias, iya dengan motif serta teksur kayu yang khas serta dikombinasikan dengan bentuk yang unik lampu hias dari kayu mampu menciptakan atmosfer tersendiri pada ruangan yang sekaligus sebagai aksen estetis ruangan tersebut.

11. Meja Ruang Tamu dari Palet Kayu Bekas

Kerajinan dari kayu yang terakhir yang dapat kamu coba dan tentunya sangat simple untuk dibuat adalah meja tamu dari palet kayu bekas. Benar, dengan palet kayu bekas. Dengan bentuk yang simpel dan menarik, meja tamu dari palet kayu bekas mampu menciptakan keindahan tersendiri pada ruangan yang sekaligus menambah estetika dan daya tarik ruangan tamu.