Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Atasi Kegagalan dengan Kesabaran

Pernah gagal? Tentu pernah. Apa yang Anda lakukan saat gagal? Lari dari kenyataan bersembunyi mengurung diri? Hanya Anda yang bisa menjawabnya. Masing-masing memiliki pengalaman dan cara yang berbeda ketika menghadapi sebuah kegagalan.
Oke, di sini saya akan menuliskan pengalaman saya saat mengalami sebuah kegagalan atas goal yang telah kita tentukan. Banyak keinginan yang ingin kita gapi dalm kehidupan ini, pangkat dan derajat yang tinggi ingin kita raih.

Untuk menggapai target ada proses yang harus dilakukan, proses pelaksanaan mengikuti roadmap yang telah kita buat dalam siteplan. Perencanaan dan perancangan atas tujuan akhir yang kita tetapkan harus kita susun terlebih dahulu guna untuk memudahkan pelaksanaannya nanti. Jangan sampai tidak membuat perencanaan langsung jalan pasti banyak gagalnya daripada berhasilnya. Perencanaan ibarat kompas yang membimbing kita dan mengarahkan kita ketika menghadapi situasi yang membingungkan.

Saat melaksanakan apa yang telah kita rencanakan harus dilakukan dengan disiplin, teliti, dan telaten. Disiplin artinya istiqomah kapan mulai kapan istirahat kapan berhenti harus on time secara kontinyu jangan sampai bekerja berdasarkan mood, beraktivitas berdasarkan situasi dan kondisi pribadi menyebabkan kekacaun dan kegagalan, sulit berhasilnya, sulit tuntasnya, dan sulit selesainya.

Dalam menjalani pekerjaan juga harus teliti, banyak sekali orang yang terjebak dengan jebakan-jebakan dan perangkap yang disiapkan bawahan dan mitra kerja ketika kita menerapkan prinsip teliti. Teliti yang saya maksud melihat dari a sampai z dari atas sampai bawah dari depan sampai belakang apa yang disodorkan pada kita sebelum mengambil keputusan. Ketelitian mutlak kita jalankan untuk memprotek diri kita dari jebakan dan perangkap kekeliruan dan kesalahan yang disengaja atau tidak disengaja. Sekecil apa pun sebuah kesalahan akan berdampak, baik berdampak kecil maupun berdampak besar. Tidak ada salahnya bila kita mau mencermati segala sesuatu secara teliti.

Telaten dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan juga diperlukan untuk meraih hasil maksimal, pekerajaan yang menumpuk tidak akan selesai dikerjakan bila tidak ditelateni. Ambillah pekerjaan secara berurutan kerjakan satu sampai tuntas baru kemdian tugas berikutnya. jangan mengerjakan pekerjaan secara random. Jika Anda kerjakan secara acak maka pekerjaan yang belum selesai tidak akan pernah tuntas.

Kesabaran akan memberi dampak positif bagi diri kita baik pada pekerjaan atau pun pada kejiwaan. Kegagalan yang kita alami akan berbuah kesuksesan bila kita selesaikan dengan kesabaran. Tanpa kesabaran, yang terjadi adalah keputusasaan. Atasi kegagalan dengan bangkit kembali dan tetap sabar. Sesungguhnya Allah SWT beserta orang-orang yang sabar.