Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membuat Artikel untuk Postingan Blog

Membuat artikel untuk postingan blog itu gampang-gampang susah, dibuat mudah karena kita sejak kecil telah banyak belajar berbicara, belajar menulis, dan belajar menyimak. dengan kemampuan yang telah kita pelajari kita seharusnya sudah mampu membuat tulisan dengan mudah. Menulis juga terasa sulit karena tulisan menggunakan bahasa yang berbeda dari bahasa lisan. bahasa tulis lebih terstruktur dan terkesan formal daripada bahasa lisan.
Kekuatan sebuah blog tergantung pada kualitas artikel yang ditulis. Semakin baik kualitas tulisan maka blog juga akan memiliki jumlah kunjung yang baik pula. Bila artikel kurang menarik tentu pengunjung juga enggan untuk mampir di blog kita untuk membacanya.

untuk menulis artikel di blog dibutuhkan saran dan prasarana yang harus disiapkan, diantarnya komputer/laptop/notebook/handphone. Bila salah satunya tersedia kita sudah memulai membuat tulisan di blog kita.

Apa yang harus dilakukan blogger untuk membuat artikel di blognya?

Pertama, riset keyword.

mencari kata kunci yang tepat untuk menulis, kata kunci yang baik yaitu kata kunci berdasarkan jumlah traffic yang tinggi. di mana kita bisa nebcari kata kunci? Anda bisa mencari kata kunci di mesin penelusuran google, di media sosial media. cari kata yang lagi hit dan trending pada hari itu.

Kedua. Membuat judul yang tepat 

Kirteria judul yang baik dan menarik dapat Anda kembangkan dari keyword yang telah anada temukan, mengawali judul dengan diksi "cara dan tips" akan lebih sering dicari orang ketika menelusuri tulisan di internet.

Ketiga, Membuat Kerangka Artikel

Setelah Anda tentukan judul yang tepat buatlah kerangka tulisan mulai dari pengertian, tujuan, manfaat, isi, simpulan, dan penutup. bisa juga bila Anda membuat tulisan tentang tutorial bisa diawalai dari sedikit pembukaan, bahan, alat, prosedur pembuatan, sinpulan dan penutup. Kalau Anda membuat tulisan tentang berita atas kejadian gunakan prinsip W5 + H mulai dari siapa, kapan, bagaimana kejadian atau peristiwanya.

Keempat, Menulis yang dikuasai

untuk memudahkan Anda membuat tulisan dan artikel di blog yang Anda kelola sebaiknya Anda menulis yang menjadi interest dan kesenangan Anda. apa yang Anda ketahui dan kuasai, menulis tentang hobi yang Anda geluti. Menulis tentang lingkungan di sekitar Anda. itu semua akan lebih memudahkan Anda dalam menulis artikel.

Kelima, Menulis ulang artikel orang lain

Menulis artikel dengan cara meniru ide tulisan orang lain juga tidak masalah asal tidak copy paste. tiru idenya dan kembangkan bahasannya secar pemikiran Anda berdasarkan pengetahuan dan pengalaman Anda. kelihatannnya mudah tetapi juga perlu latihan.


Demikian cara membuat artikel dan tulisan di blog, cukup mudah bukan...langsung dipraktikkan teman-teman supaya artikel Anda lebih baik dan layak dibaca. Semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat berkarya...