Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkurban pada Hari Raya Idul Adha Saat New Normal

Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu hari besar umat Islam yang diperingati pada setiap tanggal 10 Dhulhijjah dengan menyembelih hewan kurban.

Dzulhijjah yaitu salah satu bulan dalam kalender hijriyah. Kalender hijriyah penghitungannya  didasarkan pada peredaran rembulan atau qomar dalam bahasa Arab, maka kalender hijriyah biasa juga disebut dengan qomariyah. Hijriyah karena dimulai dengan hijrahnya Nabiyullah Muhammad SAW ke Madinah.

Kalender atau tanggalan didasarkan pada peredaran matahari dan bulan. Yang didasarkan pada peredaran matahari disebut syamsiyah karena matahari dalam bahasa Arab yaitu syamsun. Sedangkan kalender yang didasarkan pada peredaran bulan disebut qomariyah.

Kalender pasti didasarkan pada matahari dan rembulan karena sudah dinash dalam alquran pada alquran, sebuah kitab suci orang Islam yang tidak ada  keraguan di dalamnya. Surat Ar Rahman  ayat 5 yang berbunyi الشَّمْسُ وَالْقَمَرُ بِحُسْبَانٍ.

Bulan hijriyah  salah satu bulan Haram atau mulia karena pada bulan ini dilaksanakannya ibadah haji sebagai rukun Islam yang ke-5. Pada bulan Dzulhijjah juga dilaksanakannya hari besar Idul Adha.

Adha bahasa Arab yang artinya berkurban. Jadi Idul Adha adalah hari di mana Allah memerintahkan kepada hambaNya untuk berkurban. Berkurban yang disyariatkan Agama Islam yaitu berkkurban dengan menyembelih hewan kurban di antaranya Unta, Sapi, Kerbau, dan kambing.

Penyembelihan hewan kurban tersebut disyariatkan sejak Nabi Ibrahim AS sebagai bapak diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih anak tersayangnya Ismail AS. Tetapi kemudian Allah menggantinya dengan Domba yang besar untuk disembelih oleh Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS.

saat New Normal ini kita juga harus tetap melaksanakan kewajiban berkurban pada hari raya Idul Adha nanti, untuk itu karena masa pandemi covid -19 belum sepenuhnya usai maka perlu diperhatikan hal-hal berikut:

  1. Hewan kurban harus benar-benar dicek kesehatannya jangan sampai hewan kurban berpenyakit.
  2. Penyembelih harus menjaga kebersihan dan melaksanakan protokol kesehatan dengan memakai masker dan cuci tangan menggunakan sabun.
  3. Penyembelih hewan harus dibatasi personelnya agar tidak terjadi kerumunan
  4. pembagian hewan kurban harus diatur sedemikian rupa supaya tidak terjadi kerumunan dan memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.
  5. Daging hewan harus dicuci dengan bersih sebelum dimasak oleh penerima daging kurban.


Berikut tadi hal-hal yang perlu diperhatikan bagi yang berkurban pada hari raya idul adha saat new normal ini. semoga bermanfaat.